welcometo my site


kita sudah merasakan cinta jauh sebelum qta mampu mengucapkannya, namun terkadang kita lupa hal itu. yuu share cinta kita pada dunia kawaan,,, semangaat semoga blog saya memberikan banyak cinta untuk mu :)

Jumat, 27 April 2012

client centered therapy (CCT)


PENDAHULUAN
Client centered therapy Juga dikenal sebagai orang yang berpusat pada terapi atau Rogerian psikoterapi , terapi terpusat pada klien merupakan suatu pendekatan untuk konseling psikologis yang memungkinkan pasien untuk memiliki banyak pengaruh terhadap struktur dan perkembangan terapiClient centered theraphy atau yang disebut terapi yang berpusat pada pribadi merupakan salah satu teori pendekatan yang dilakukan dalam konseling. Teori ini beranggapan bahwa pemecahan masalah berpusat pada klien, maka klien lah yang menyelesaikan masalahnya. Carl rogers mengembangkan terapi ini sebagai reaksi terhadap apa yang disebutnya keterbatasan- keterbatasan mendasar dari psikoanalisis. Pada hakikatnya, pendekatan Client centered theraphy adalah cabang khusus dari terapi humanistic yang menggaris bawahi tindakan mengalami klien berikut dunia subjektif dan fenomenalnya.  Pendekatan client centered menaruh kepercayaan yang besar pada kesanggupam klien untuk mengikuti jalan terapi dan menemukan arahnya sendiri. Hubungan teraupetik antara terapis dan klien merupakan katalisator bagi perubahan; klien menggunakan hubungan yang unik sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran dan untuk menemukan sumber – sumber yang terpendam yang bisa digunakan secara  konstruktif dalam perubahan hidupnya.
menurut Roger Konseling dan Psikoterapi tidak mempunyai perbedaan. Konseling yang berpusat pada klien sebagai konsep dan alat baru dalam terapi yang dapat diterapkan pada orang dewasa, remaja, dan anak-anak.
Pendekatan konseling client centered menekankan pada kecakapan klien untuk menentukan isu yang penting bagi dirinya dan pemecahan masalah dirinya. Konsep pokok yang mendasari adalah hal yang menyangkut konsep-konsep mengenai diri (self), aktualisasi diri, teori kepribadian,dan hakekat kecemasan. Menurut Roger konsep inti konseling berpusat pada klien adalah konsep tentang diri dan konsep menjadi diri atau pertumbuhan perwujudan diri.

BIOGRAFI PENGEMBANG TEORI
Client centered theraphy ini dikembangkan oleh tokoh psikologi. bernama Carl rogers. Carl Rogers lahir 8 Januari 1902 di Oak Park, Illinois, sebuah suburban dari Chicago, keempat dari enam bersaudara. Ayahnya adalah seorang insinyur sipil yang sukses dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga dan Kristen yang taat. Pendidikannya dimulai di kelas dua, karena ia sudah bisa membaca sebelum TK.
 Carl Rogers terkenal karena kontribusinya terhadap terapi. terapinya telah melewati beberapa perubahan nama sepanjang jalan: Dia awalnya menyebutnya non-direktif, karena ia merasa bahwa terapis tidak harus mengarahkan klien, melainkan berada di sana untuk klien sementara klien mengarahkan kemajuan terapi . Saat ia menjadi lebih berpengalaman, ia menyadari bahwa, sebagai "non-direktif" seperti dia, dia masih dipengaruhi kliennya dengan sangat nya "directiveness non-!" Dengan kata lain, klien melihat ke terapis untuk bimbingan, dan akan menemukannya bahkan ketika terapis sedang mencoba tidak untuk membimbing.

            Jadi, ia berganti nama menjadi klien berpusat. Dia masih merasa bahwa klien-lah yang harus mengatakan apa yang salah, menemukan cara-cara untuk memperbaiki, dan menentukan kesimpulan dari terapi - terapinya masih sangat "klien-berpusat" meskipun dia mengakui dampak dari terapis. Sayangnya, terapis lain merasa bahwa nama ini untuk terapi adalah sedikit tamparan di wajah mereka: Apakah tidak therapies paling "terpusat pada klien?"

            Saat ini, meskipun istilah non-direktif dan klien yang berpusat masih digunakan, kebanyakan orang hanya menyebutnya terapi Rogerian. Salah satu ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan Rogers terapi adalah "mendukung, tidak rekonstruksi," dan dia menggunakan analogi belajar naik sepeda untuk menjelaskan: Ketika Anda membantu anak untuk belajar naik sepeda, Anda dapat tidak hanya memberitahu mereka bagaimana. Mereka harus mencobanya sendiri. Dan Anda tidak bisa menahan mereka sepanjang waktu baik. Akan tiba saat ketika Anda harus membiarkan mereka pergi. Jika mereka jatuh, mereka jatuh, tetapi jika Anda bertahan, mereka tidak pernah belajar.

SEJARAH PERKEMBANGAN TEORI
Dikembangkan pada tahun 1940-an dan 1950-an oleh Dr Carl Rogers, pendekatan ini panggilan untuk terapis untuk bekerja dengan pasien untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tidak menghakimi untuk setiap sesi. Penciptaan safe haven ini memungkinkan pasien untuk bekerja melalui masalah-nya tanpa malu atau ragu-ragu untuk sepenuhnya apapun yang akan datang selama waktu yang dihabiskan dengan terapis.
Hart  ( 1970 ) yang membagi perkembangan Garis besar evolusi teori rogers dalam tiga periode yaitu :
·                     Periode  1(1940 – 1950 )psikoterapi nondirektif
Melalui terapi ini klien akan mencapai pengalaman atas dirinya sendiri dan atas situasi kehidupannya.  Pada periode awal ini terapis secara nyata menghndarkan diri dari interaksi dengan klien. Terapis berfungsi sebagai penjernih, tetapi tidak menampilkan kepribadiannya sendiri. Pada periode ini teknik seperti bertanya, menggali, mengevaluasi dan menafsirkan. prosedur – prosedur seperti sejarah kasus, tes psikologi, dan diagnosis tidak menjadi bagian dari proses terapeutik karena semuanya berlandaskan pedoman – pedoman eksternal,terapi mengandalkan dorongan pertumbuhan bawaan klien.
·                     Periode 2 (1950 – 1957 ) psikoterapi reflektif
Melalui terapi ini klien mampu mengembangkan keselarasan antara konsep diri dan konsep diri idealnya. Pada periode ini adanya perubahan dalam praktek yaitu adanya penekanan pada pemberian respon secara peka terhadap unsur afektif. Penekanan diperbesar pada ketanggapan terapis terhadap perasaan – perasaan klien yang menghilangkan sumber – sumber ancaman dari hubungan terapeutik dan berfungsi sebagai cermin sehingga klien bisa memahami dunianya sendiri dengan lebih baik.
·                     Periode 3 (1957 – 1970 ) terapi eksperiensial
Terapi difokuskan pada apa yang dialami oleh klien dan pada pengungkapan apa yang sedang dialami oleh terapis. Klien tumbuh pada suatu rangkaian keseluruhan dengan belajar menggunakan apa yang sedang langsung dialami. Pada periode ini memperkenalkan unsur – unsur dari sikap – sikap terapis, yakni keselarasan, pandangan penerimaan positif dan penegrtian empatik sebagai prasyarat bagi terapis yang efektif

            Yang membawa kita ke persyaratan terkenal Rogers 'terapis. Rogers merasa bahwa terapis, agar efektif, harus memiliki tiga kualitas yang sangat khusus:

1.Kongruensi - keaslian, dengan kejujuran klien.
2.Empati - kemampuan untuk merasakan apa yang klien rasakan.
3.Hormati - penerimaan, pandangan positif tanpa syarat terhadap kliennya tersebut.

FUNGSI TERAPI TEORI
Fungsi terapis adalah membangun suatu iklim terapeutik yang menunjang pertumbuhan klien..terapis tidak dibatasi dalam bentuk bantuan yang dapat diberikan kepada klien bahwa klien-terapis berpusat dapat berfungsi sebagai sumber informasi tentang terapi lain atau perawatan dan sebagai orang yang membantu klien memanfaatkan terapi atau perawatan yang diberikan oleh orang lain Kadang-kadang membantu klien memanfaatkan terapi lain berarti meminimalkan kerusakan mereka ke klien yang terjadi seperti yang menguntungkan dia. . Sampai pembantu lain - dokter, terapis psikologis dan perilaku, psychopharmacologists, dll, adalah, diri mereka sendiri, orang-berpusat tetap kasus bahwa banyak dari ahli melanggar hal-sendiri atau otonomi pasien dan klien mereka.
.            Terapi berpusat pada klien tidak menciptakan sebuah lingkungan di mana terapis akan memberitahu pasien apa yang dia harus berpikir atau lakukan. Alih-alih memberikan jawaban atau solusi untuk pasien, peran terapis adalah membantu pasien dalam menemukan jawaban sendiri. Proses, sementara kadang-kadang lambat dan tidak praktis, memiliki manfaat membantu pasien mengembangkan keyakinan pada kemampuannya untuk menghadapi situasi kehidupan, memeriksa mereka, dan akhirnya menemukan cara untuk secara efektif menangani mereka.
Terapis berfugsi terutama sebagai penunjang pertumbuhan pribadi seseorang dengan jalan membantunya dalam menemukan kesanggupan-kesanggupan untuk memecahkan masalah-masalah. Pendekatan person centered ini menaruh kepercayaan yang besar pada kesanggupan seseorang untuk mengikuti jalan terapi dan menemukan arahnya sendiri.
PERAN TERAPI TEORI
Peran terapis dalam pendekatan ini terletak pada cara-cara keberadaan terapis dan sikap-sikapnya, bukan penggunaan teknik. Terapis menggunakan dirinya sendiri sebagai alat untuk mengubah client. Peran terapis adalah tanpa peran. krusial.
..
            Klien adalah hakim, untuk dirinya sendiri, apakah atau tidak ada terapi atau pengobatan atau teknik terapi untuk dia, dan apakah ia telah menerima manfaat lebih besar daripada apa yang mungkin menderita.
.            Dalam perkembangan ini, terapis terpusat pada klien cenderung untuk mengembangkan kualitas-kualitas terhadap dirinya sendiri dan, dengan demikian terapi diri dan mengembangkan diri individualitas sendiri.
TUJUAN TERAPI TEORI
Tujuan dasar terapi client centered  yaitu menciptakan iklim yang kondusif bagi usaha membantu klien untuk menjadi seorang pribadi yang berfungsi penuh. Guna pencapaian tujuan terapeutik tersebut terapis perlu mengusahakan agar klien bisa memahami hal – hal yang ada di balik topeng yang dikenakannya. Klien mengembangkan kepura – puraan dan bertopeng sebagai pertahanan terhadap ancaman. Sandiwara yang dimainkannya menghambat untuk tampil utuh dihadapan orang lain dan dalam usahanya menipu orang lain ia menjadi asing terhadap dirinya sendiri.
Tujuan Konseling
Pada dasarnya klien sendiri menentukan tujuan konseling, konselor hanya membantu klien menjadi lebih matang dan kembali melakukan aktualisasi diri dengan menghilangkan hambatan-hambatannya. Namun secara lebih khusus membebaskan klien dari kungkungan tingkah laku (yang dipelajarinya) selama ini, yang semuanya itu membuat dirinya palsu dan terganggu dalam aktualisasi dirinya.
Tujuan Konseling adalah menyediakan iklim yang aman dan percaya dalam pengaturan konseling sedemikian sehingga konseli, dengan menggunakan hubungan konseling untuk self-exploration, dapat menjadi sadar akan blok/hambatan ke pertumbuhan. Konseli cenderung untuk bergerak ke arah lebih terbuka, kepercayaan diri lebih besar, lebih sedia untuk meningkatkan diri sebagai lawan menjadi mandeg, dan lebih hidup dari standard internal sebagai lawan mengambil ukuran eksternal untuk apa ia perlu menjadi.
KOLERASI TEORI DENGAN KONSELING
Kolerasi atau hubungan client centered therapy dengan proses konseling  jelas sangat berhubungan. Dilihat dalam proses konseling teori ini merupakan model yang digunakan dalan proses konseling.
Proses konseling
  1. Konseling memusatkan pada pengalaman individual.
  2. konseling berupaya meminimalisir rasa diri terancam, dan memaksimalkan dan serta menopang eksplorasi diri. Perubahan perilaku datang melalui pemanfaatan potensi individu untuk menilai pengalamannya, membuatnya untuk memperjelas dan mendapat tilikan pearasaan yang mengarah pada pertumbuhan.
  3. Melalui penerimaan terhadap klien, konselor membantu untuk menyatakan, mengkaji dan memadukan pengalaman-pengalaman sebelunya ke dalam konsep diri.
  4. dengan redefinisi, pengalaman, individu mencapai penerimaan diri dan menerima orang lain dan menjadi orang yang berkembang penuh.
  5. wawancara merupakan alat utama dalam konseling untuk menumbuhkan hubungan timbal balik.
Karakteristik konseling berpusat pada klien
  1. Fokus utama adalah kemampuan individu memecahkan masalah bukan terpecahnya masalah.
  2. Lebih mengutamakan sasaran perasaan dari pada intelek.
  3. Masa kini lebih banyak diperhatikan dari pada masa lalu.
  4. Pertumbuhan emosional terjadi dalam hubungan konseling.
  5. Proses terapi merupakan penyerasian antara gambaran diri klien dengan keadaan dan pengalaman diri yang sesungguhnya.
  6. Hubungan konselor dan klien merupakan situasi pengalaman terapeutik yang berkembang menuju kepada kepribadian klien yang integral dan mandiri.
KESIMPULAN
            Client-Centered Therapy adalah satu sistem psikoterapi berdasarkan asumsi. Asumsi ini berdasarkan bahwa klien atau subjek ada dalam posisi paling menguntungkan jika ia mampu memecahkan kesulitan-kesulitan sendiri.
Terapi ini sangat tergantung pada terapis. Pribadi terapi harus dapat menimbulkan iklim yang hangat dan serba membolehkan (bebas), sehingga klien merasa leluasa untuk mendiskusikan masalah-masalahnya.
Terapis juga membiarkan klien tahu apa yang klien berkomunikasi. Sering kali, orang-orang dalam kesulitan mengatakan hal-hal yang mereka tidak berarti karena merasa baik untuk mengatakan mereka.
Dikembangkan pada tahun 1940-an dan 1950-an oleh Dr Carl Rogers, pendekatan ini panggilan untuk terapis untuk bekerja dengan pasien untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tidak menghakimi untuk setiap sesi
peran terapis adalah membantu pasien dalam menemukan jawaban sendiri. Proses, sementara kadang-kadang lambat dan tidak praktis, memiliki manfaat membantu pasien mengembangkan keyakinan pada kemampuannya untuk menghadapi situasi kehidupan, memeriksa mereka, dan akhirnya menemukan cara untuk secara efektif menangani mereka.
Kolerasi atau hubungan client centered therapy dengan proses konseling  jelas sangat berhubungan. Dilihat dalam proses konseling teori ini merupakan model yang digunakan dalan proses konseling.
Klien memegang peranan aktif dalam konseling sedangkan konselor bersifat pasif reflektif.

DAFTAR PUSTAKA

Corey, Gerald.2003. Teori & Praktek Konseling Psikoterapi.Bandung.Refika aditama.
Dr. C. George Boereehttp://webspace.ship.edu/cgboer/rogers.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar