welcometo my site


kita sudah merasakan cinta jauh sebelum qta mampu mengucapkannya, namun terkadang kita lupa hal itu. yuu share cinta kita pada dunia kawaan,,, semangaat semoga blog saya memberikan banyak cinta untuk mu :)

Senin, 23 April 2012

deskripsi bimbingan kelompok


Deskripsi Bimbingan kelompok
Nama praktikan          : Mutia fauziyah
Tanggal pelaksanaan  : 5 maret 2012
Durasi                          : 22 menit
Jumlah anggota          : 10 siswi kelas XI Akuntansi 2
Bimbingan kelompok yang telah praktikan laksanakan berjalan dengan baik  mulai dari pemilihan anggota bimbingan. Anggota bimbingan berjumlah 10 siswi yang dipilih secara random di kelas XI Akuntansi 2 satu pekan sebelum kegiatan bimbingan kelompok dilaksanakan. Dilanjutkan persiapan tempat dan susunan tempat duduk  setengah lingkaran guna memudahkan kegiatan bimbingan dan pengambilan gambar dalam bentuk video.
Dalam bimbingan kelompok terdiri dari  4 tahap, yaitu :
1.        Tahap pembukaan.
Kegiatan bimbingan kelompok diawali dengan salam dan menanyakan kabar anggota hari ini. Ucapan terima kasih dari pemimpin kelompok kepada anggota yang telah memenuhi panggilan dan bersedia meluangkan waktunya dan memulai kegiatan dengan berdoa semoga kegiatan berjalan lancar dan bermanfaat bagi seluruh peserta bimbingan. Setelah berdoa pemimpin kelompok menanyakan sejauh mana anggota mengetahui bimbingan kelompok, dan adakah yang pernah melakukan di sekolah sebelumnya. Karena tidak ada satu pun yang mengetahui pemimpin kelompok mencoba menjelaskan.
Bimbingan  kelompok adalah suatu kegiatan yang dilakukan sekelompok orang yang didalamnya terdapat dinamika kelompok, maka adanya interaksi antara peserta, saling berpendapat, saling mengungkapkan ide, saran dan tanggapan, dan materi yang dibawakan bermanfaat bagi peserta.
Tujuan bimbingan kelompok agar peserta mampu mengungkapkan pendapat di muka umum, mampu menghargai pendapat orang lain, bertanggung jawab atas pendapatnya sendiri, menjadi lebih akrab dengan peserta lainnya dan mampu menjaga emosi bila pendapatnya berbeda dengan peserta lainnya.
 Dalam kegiatan bimbingan kelompok diharapkan peserta saling terbuka dan secara sukarela mengungkapkan pendapatnya, pendapat yang diungkapkan sesuai norma yang ada dan mampu menjaga kerahasiaan.
 Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan anggota satu sama lain dengan menyebutkan teman sebelahnya begitu seterusnya. Untuk lebih mengakrabkan suasana pemimpin kelompok memberikan permainan “siapa dia?” . yaitu 5 siswi menuliskan sebuah pertanyaan siapakah, 5 siswa lainnya menuliskan nama orang. Dan suasana terasa lebih fresh dengan gelak tawa para peserta karena pertanyaan dan jawaban yang mereka tulis.
2.        Tahap peralihan.
Pemimpin kelompok mengadakan permainan dan perkenalan agar para peserta dapat mengenal lebih dekat lagi dengan peserta lain sehingga mampu suka rela dan terbuka mengungkapkan pendapatnya.Setelah suasana semakin rileks pemimpin kelompok melanjutkan ke tahap selanjutnya.
3.        Tahap kegiatan.
Pemimpin kelompok menjelaskan bahwa dalam kegiatan bimbingan kelompok selalu ada topik yang dibawakan. Baik itu topik tugas atau topik yang ditentukan oleh pemimpin kelompok, atau topik bebas yaitu topik yang di tentukan dari kesepakatan para peserta bimbingan. Dalam kesempatan ini topik yang digunakan adalah topik tugas yaitu “ pentingnya disiplin sekolah dan penerapannya”.
Pemimpin kelompok menanyakan pendapat peserta mengenai disiplin sekolah,
·         mengapa masih ada siswa yang melanggar disiplin sekolah?
·         Mengapa para siswa masih saja ada yang ‘’ngeyel’’ untuk melanggar disiplin?
·         Peraturan yang paling dilanggar, mengapa?
·         Saran untuk siswa agar siswa disiplin di sekolah?
Para peserta beranggapan bahwa siswa yang  melanggar disiplin karena siswa belum sadar akan pentingnya disiplin, dan untuk siswa yang ‘’ngeyel’’ karena siswa tersebut belum mau merubah diri dari hati, untuk itu peraturan harus diperketat lagi. Peraturan yang paling sering dilanggar yaitu membawa handphone ke sekolah, banyak siswa yang menggunakan handphone pada saat  jam pelajaran yang membuat para guru geram.
Setelah para peserta berpendapat mengenai permasalahan yang terjadi seputar disiplin sekolah. Para Peserta memberikan saran agar siswa mengikuti disiplin sekolah, dan pemimpin kelompok simpulkan bahwa disiplin sekolah penting untuk seluruh siswa, mengapa siswa masih saja melanggar karena belum menyadari pentingnya disiplin sekolah. Dan upaya untuk menyadari siswa berawal dari kesadaran diri, tauladan dari para guru, dan dorongan dari orang lain.
Lalu para peserta diminta memberikan kesannya telah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok ini, kesan positif yang mereka dapati bahwa dengan adanya bimbingan kelompok mampu mendapatkan informasi yang belum diketahui , lebih akrab dengan peserta lain, menambah kebersamaan, menguji mental untuk mampu berpendapat dan saling menanggapi di muka umum, tidak takut berpendapat, dan toleransi.
Menangkap kesan positif dari peserta, pemimpin kelompok menanyakan untuk kelanjutan bimbingan kelompok, mereka antusias untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok selanjutnya dengan topik bebas dan topik – topik menarik lainnya.
4.        Tahap pengakhiran.
Tiba dipenghujung kegiatan, pemimpin mengucapkan terima kasih atas antusias peserta selama mengikuti kegiatan dan semoga kegiatan bimbingan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta. Kegiatan bimbingan diakhiri dengan berdoa dan bersalam – salaman diikuti nyanyian “sayonara”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar